Orientasi Akademik Mahasiswa Program Magister Penyuluhan Pertanian Unsoed Tahun 2020

Oleh : Moch.Sugiarto,PhD (Koordinator Program Studi)

Orientasi akademik merupakan proses pengenalan mahasiswa baru terhadap rangkaian akademik yang akan dilakukan mahasiswa dalam mencapai kompetensi yang ditentukan dan mendapatkan gelas akademik. Orientasi mahasiswa Program S2 (Magister) Penyuluhan Pertanian dilakukan secara online pada tanggal 12 September 2020 dengan melibatkan 4 mahasiswa baru dan 6 mahasiswa angkatan sebelumnya. Orientasi dengan tema ” Bersama Menggapai Impian” melambangkan kekuatan modal sosial (social capital) para mahasiswa dan program studi untuk saling mensupport dalam mewujudkan tujuan individu dan institusi.

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Program Studi (Moch.Sugiarto,PhD) memberikan salam hormat dan selamat datang kepada mahasiswa baru. Beliau berharap mahasiswa akan merasakan sensasi baru dalam pembelajaran di Program Magister Penyuluhan Pertanian Unsoed. Pesan kepada mahasiswa, bahwa belajar adalah proses sadar dalam upaya meningkatkan kapasitas diri harus diimbangi dengan kepatuhan, kedisiplinan dan komitmen agar proses akademik berjalan dengan lancar. Disamping itu, pada acara tersebut Koordinator Program Studi menjelaskan aturan aturan akademik sesuai dengan Peraturan Rektor Unsoed No 24/2017.

Proses akademik di Magister Penyuluhan Pertanian Unsoed dapat diselesaikan dalam 3 semester dengan 38 SKS. Diharapkan mahasiswa tidak menghabiskan waktu yang lama untuk menyelesaikan studi. Belajar harus lebih efektif untuk mencapai tujuan belajar.

Mahasiswa dengan motivasi yang kuat diharapkan mampu terus mempertahankan motivasi sehingga apabila menghadapi masalah akademik  akan menjadi ringan dan dapat diselesaikan. Program studi berkomitmen untuk memfasilitasi mahasiswa dalam mewujudkan mimpi mimpi dan berhasil mencapai tujuan akademiknya.

Perjalanan akademik tidaklah singkat sehingga kesabaran dan rasa tanggung jawab harus selalu dikuatkan. Jangan pernah menyerah. Kita akan selalu bersama mewujudkan mimpi mimpi untuk menjadi lebih baik.

Knowledge, innovations and changes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *