“Bermimpi” bertemu dengan program studi yang unggul dalam mengawal pembangunan pedesaan

Moch.Sugiarto,PhD

Dosen Program Magister Penyuluhan Pertanian UNSOED

Bermimpi (dream) merupakan keadaan saat melihat (mengalami) atau merasakan sesuatu dalam mimpi. Sesuatu yang mungkin/tidak mungkin dicapai, tergantung dari banyak hal. Namun demikian mimpi itu penting untuk menaikkan ghiroh perjuangan dalam mewujudkannya. Mimpi juga hadir untuk memberikan arah kemana harus melangkah dan apa yang harus dilakukan untuk merealisasikan. Menjadi sangat naif dan merugi kalau kita ataupun organisasi tidak memiliki mimpi sehingga yang ada hanyalah melakukan sesuatu yang terpikir saat itu saja. Hal tersebut menjadikan organisasi/unit kerja menjadi sangat kecil karena tidak mampu berpikir dan bermimpi memiliki sesuatu yang luar biasa dimasa yang akan datang. Organisasi itu hanya berpikir saat itu atau malah tidak berpikir sama sekali serta hanya menggunjingkan organisasi lain tanpa melakukan apa apa. Mari kita berkomitmen membangun organisasi yang memiliki mimpi besar dan terukur di masa yang akan datang sehingga mampu membawa semua elemen organisasi pada tujuan yang sama, tujuan yang jelas, dan penuh harapan. Organisasi yang berjalan tanpa tujuan dan harapan hanya akan melahirkan manusia manusia yang frustasi (frustated people).

Program studi Magister Penyuluhan Pertanian (MPP) yang dimulai tahun 2017 memiliki komitmen kuat untuk menjadi program studi yang unggul dalam menghasilkan lulusan yang kreatif dan mampu mengembangkan riset serta karya inovatif di bidang penyuluhan pertanian/pemberdayaan masyarakat pedesaan berbasis kearifan lokal pada tingkat internasional tahun 2034.  Unggul memiliki makna mempunyai kemampuan lebih dibandingkan dengan program studi lain pada bidang yang sama. Keunggulan program studi MPP diharapkan pada kualitas lulusan dengan karakter yang mampu menyelesaikan masalah dengan cara dan teknik yang berbeda. Selain itu, keunggulan lulusan juga pada aspek kapasitas melakukan riset dan mendiseminasi hasil riset. Selain itu, lulusan memiliki kemampuan dalam menghasilkan karya inovatif di bidang penyuluhan yang dapat diterapkan di masyarakat, industri, dan organisasi pemerintah/swasta.

Mengelola program studi secara profesional untuk menjadi unggul adalah tantangan strategis yang membutuhkan manajer dan pemimpin yang tangguh, berkomitmen, kolaboratif dan partisipatif, futuristik, serta fleksibel. Pada milestone 1 (awal) program studi MPP menjadikan penguatan lembaga sebagai fokus utama pada program pengembangan program studi 2017-2021. Tantangan dan isu isu strategis perlu diidentifikasi dan dianalisis untuk terus mengupdate terobosan terobosan dalam menjalan rencana pengembangan program studi. Isu isu strategis tersebut adalah :

  1. Perubahan teknologi (disruptive innovation) yang berpengaruh terhadap
    perubahan perilaku masyarakat dan manusia secara umum pada aspek
    teknis, sosial dan ekonomi sehingga program studi harus secara tepat dan
    efektif merespon perubahan tersebu.
  2. Tuntutan masyarakat untuk mendapatkan lulusan magister yang berkualitas, kompeten, dan mampu menghadirkan inovasi dan solusi dalam mengatasi permasalahan masyarakat yang semakin kompleks.
  3. Perubahan lingkungan pendidikan, makin banyaknya program studi magister baru dan dalam waktu dekat juga akan bermunculan lembaga pendidikan tinggi luar negeri yang menawarkan jasanya di Indonesia. Hal ini menuntut
    program studi harus mampu terus menerus meningkatkan kualitas agar
    mampu bersaing.
  4. Perubahan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mendasar perlu dikejar
    dan dikuasai serta dimanfaatkan baik untuk kepentingan pendidikan dan
    pengajaran, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.
  5. COVID 19 mendorong perubahan perubahan perilaku proses belajar dan menuntut munculnya inovasi agar program studi terus mampu beradaptasi dengan situasi baru

Terkait dengan kondisi tersebut, Program Studi Magister Penyuluhan Pertanian (MPP) Unsoed fokus pada 8 (delapan) tema pengembangan yaitu : (1) popularitas dan citra program studi; (2) kualitas output akademik; (3) publikasi ilmiah; (4) budaya kerja dan budaya akademik; (5) kualitas sumber daya manusia; (6) organisasi dan manajemen;(7) sistem informasi manajemen; dan (8) kerja sama, aliansi strategis dan jaringan akademik.

Untuk mewujudkan visi program studi, ditetapkan prioritas pengembangan Program Studi Magister Penyuluhan Pertanian UNSOED pada Milestone I (2017-2021) sebagai berikut:
a. Peningkatan kualitas promosi
b. Peningkatan mutu pembelajaran
c. Peningkatan produktifitas dosen dalam publikasi ilmiah
d. Pengembangan kerjasama
e. Penguatan kelembagaan program studi yang efisien dan produktif
f.  Pengembangan kualitas SDM

Berhentikah sampai dokumen perencanaan? Program studi MPP tidak hanya berhenti dengan memiliki dokumen perencanaan, namun terus bergerak dengan rangkaian program dan kegiatan yang dilaksanakan secara sistematis. Pentahapan kegiatan dan targat output untuk terus dimonitor oleh pengelola program studi. Bolehkah terjadi penyesuai di pertengahan perjalanan dalam implementasi rencana pengembangan? Sangat dimungkin program studi MPP melakukan inovasi dan terobosan kegiatan untuk beradaptasi dengan perubahan perubahan eksternal yang berlangsung cepat. Disinilah peran manajer, pemimpin, koord program studi untuk selalu update dengan perubahan eksternal, menganalisis perubahan tersebut, dan segera melakukan terobosan untuk antisipasi. Kuncinya, program studi harus memiliki arah yang jelas, rencana pengembangan jelas dan dilaksanakan, keterlibatan para dosen dan mahasiswa untuk membangun bersama program studi. Again, kepemimpinan dalam program studi menjadi hal elementer yang sangat dibutuhkan untuk menggerakkan semua sumberdaya.

Bermimpi menjadi bagian dari program studi yang unggul bukan hal yang msutahil. Kepemimpinan yang terus diperkuat dalam program studi niscaya akan membawa arah pengembangan menjadi sangat jelas dan terarah. Program MPP diyakini mampu menjadi bagian penting dalam interaksi akademik dan ilmuwan penyuluhan pertanian di Indonesia dan global. Regenerasi dalam pengelolaan program studi akan selalu terjadi secara periodik dan pasti. Namun demikian api perjuangan untuk bermimpi mewujudkan program studi yang unggul terus menjadi penyemangat dalam perjuangan. Siapapun generasi berikutnya yang menempati kursi kepemimpinan program studi, saat itu juga harus siap meneruskan dan menguatkan kemajuan program studi. Maju terus pantang menyerah……..

Program Studi Magister Penyuluhan Pertanian UNSOED

#Knowledge, Innovation, Changes#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *