Program Studi Kuat, Alumni Bermartabat

Moch.Sugiarto,PhD

Dosen Program Magister Penyuluhan Pertanian, UNSOED

Bersama berlari mewujudkan mimpi. Kata kata tersebut selalu memotivasi dalam membangun suatu organisasi dan unit kerja. Organisasi/unit kerja adalah kumpulan seluruh sumberdaya yang dikelola/dikoordinasikan oleh pemimpin untuk mencapai tujuan bersama yang telah ditentukan. Tujuan unit kerja/organisasi adalah tujuan bersama bukan tujuan individu pemimpinnya. Kepemilikan bersama suatu tujuan menjadi daya ungkit yang signifikan untuk mengakselerasi pencapaian visi unit kerja/organisasi. Tentunya membutuhkan waktu untuk membangun kebersamaan, social chemistry antar sumberdaya, dan goal sharing antar anggota. Pemimpin memiliki peran yang sentral dalam membawa prasarat prasarat tersebut untuk mewujudkan unit kerja/organisasi yang solid dan berlari untuk mencapai perubahan.

Program studi seperti dalam Pasal 70 Permenristekdikti No 10/2016 tentang OTK Unsoed merupakan program yang mencakup kesatuan rencana belajar sebagai pedoman penyelenggaraan pendidikan yang diselenggarakan atas dasar suatu kurikulum serta ditujukan agar peserta didik dapat menguasai pengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan sasaran kurikulum. Peran program studi sangat strategis dalam mengimplementasikan kurikulum sebagai basis proses pembelajaran dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas. Lulusan yang berkualitas ditunjukkan dengan penguasan yang sangat excellent dalam pengetahuan, ketrampilan dan sikap sesuai tujuan pendidikan di program studi. Mimpi besar untuk menjadikan program studi Magister Penyuluhan Pertanian yang kuat secara otentik dapat dilihat di rencana pengembangan program studi (akan diulas ditulisan berikutnya). Koordinator program studi siap untuk berkomitmen melaksanakan rencana pengembangan tersebut dan Pascasarjana beriringan berdampingan dalam mengawal pencapaian target target kinerja program studi. Paling bahaya, apabila institusi pascasarjana/ program studi tidak mau dan mampu menggunakan rencana strategis/rencana pengembangan untuk penguatan kelembagaan. Kondisi tersebut dapat menjadikan organisasi jalan ditempat (atau “yang penting jalan”).

Salah satu tantangan program studi baru adalah sustainbility of input yang berupa calon mahasiswa maupun pendanaan.  Upaya upaya keras dan cerdas harus terus dilakukan program studi untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang program studi dan upaya fasilitasi masyarakat untuk bergabung bersama program studi. Promosi jaman kuno sudah tidak lazim digunakan, sehingga digital promotion harus terus ditingkatkan dengn scope dan jaringan yang lebih luas. Penggunaan media sosial dengan lebih inovatif akan dapat meningkatkan awareness masyarakat terhadap program studi, selain adanya fasilitasi bantuan belajar/pendidikan.Selain itu, perluasan kerjasama dengan berbagai pihak akan dapat meningkatkan jangkauan program studi kepada masyarakat. Program studi bukan unit kerja yang memiliki tanggung jawab untuk menghadirkan input yang masif dan selektif. Program Pascasarjana diharapkan dapat lebih banyak berperan/berkontribusi dalam mengarahkan program studi dalam meningkatkan efektfitas promosi dan pengembangan kerjasama. Hasil dari upaya upaya strategis tersebut selanjutnya ditangkap dan dikelola program studi melalui proses belajar yang berkualitas dan profesional. Sekali lagi, promosi untuk mahasiswa baru bukan prioritas dan wewenang utama program studi. Kerjasama yang mutualistik antara program studi dan Pascasarjana harus dimulai dengan beban /tanggung jawab di depan adalah dimiliki oleh Pascasarjana Unsoed.

Pada tahapan proses, Program studi yang harus bertanggung jawab mengelola input mahasiswa dan dana yang terkait proses pembelajaran. Program studi harus memiliki terobosan berpikir dan bertindak dalam menyelenggarakan proses belajar berbasis kurikulum secara profesional dan teradministrasi dengan baik. Isu isu strategis seperti digital learning, industrial based education, innovative learning, output based education, harus dihadapi dengan responsif oleh program studi. Berbagai terobosan baik dalam kurikulum, metode pembelajaran, maupun prasarana harus terus dirumuskan dan dijalankan agar mampu menghadirkan kelas/ruang belajar yang berkualitas menuju terwujudnya lulusan yang berdaya saing. Penggunaan media sosial, aplikasi learning online, google classroom, dll semakin diinovasikan untuk menghadirkan layanan akademik yang lebih memuaskan mahasiswa dan stakeholder lainnya.

Atmosfer akademik dan ekosistem ilmuwan harus juga menjadi perhatian program studi dan pascarsajana. Pascasarjana yang disupport oleh program studi harus dapa menciptakan atmosfer akademik dan ilmiah yang lebih kentara sehingga Pascasarjana Unsoed mampu menjadi kontributor penting karya ilmiah, inovasi yang diakui internasional atau dapat digunakan masyarakat. Mahasiswa yang cukup banyak dan para dosen hendaknya dapat dioptimalkan untuk menghasilkan karya karya ilmiah dengan salah satunya fasilitasi peningkatan SDM dosen dan mahasiswa pascasarjana. Kegiatan kegiatan akademik hendaknya difokuskan pada upaya upaya yang lebih konkret menghasilkan karya karya ilmiah dosen dan mahasiswa pascasarjana.

Pada tataran kerjasama, program studi dan Pascasarjana Unsoed hendaknya juga lebih meningkatkan jaringan kerjasama. Pascasarjana harus mampu tampil di depan dalam menginisiasi kerjasama yang melibatkan program studi. Pascasarjana tampil di depan dalam membuka dan mengembangkan kerjasama berbarengan dengan keterlibatan program studi. Program studi hendaknya tidak tampil di depan sendiri untuk mencari, menginisiasi, dan mengembangkan kerjasama. Peningkatan jumlah kerjasama akan menghadirkan pengakuan publik terhadap pascarsarjana dan program studi magister/doktor yang selanjutnya pascarsarjana Unsoed dapat tampil menjadi central dari perubahan perubahan akademik reginal/nasional/internasional.

Banyak lagi upaya upaya yang terus dan harus dilakukan institusi dalam membangun program studi yang kuat sehingga dihasilkan lulusan yang hebat dan bermartabat. Program studi Magister Penyuluhan Pertanian UNSOED selalu siap membedah diri, mengevaluasi diri, dan merumuskan langkah langkah strategis menuju perubahan yang berdampak positif. Kontribusi masyarakat dan stakeholder juga dinantikan untuk menjadikan program studi ini menjadi lebih kuat. Kami akan lebih kuat dengan selalu dekat bersama masyarakat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *