Kurikulum

KURIKULUM PROGRAM MAGISTER PENYULUHAN PERTANIAN SANGAT SESUAI UNTUK PENELITI/DOSEN, TENAGA PENYULUH DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

Lulusan Program Magister Penyuluhan Pertanian UNSOED diharapkan mampu sebagai pengkaji sekaligus ahli di bidang penyuluhan pertanian dengan memiliki kemampuan teori dan praktek yang sangat memadai. Alumni diharapkan dapat mengisi kebutuhan profesi seperti dosen, peneliti, konsultan dan tenaga penyuluhan pertanian/pemberdayaan masyarakat perdesaan (pertanian/peternakan/perikanan/keluarga). Lulusan Program Magister Penyuluhan Pertanian UNSOED nantinya diharapkan dapat mentransformasi ilmu penyuluhan pertanian dalam mengidentifikasi, menganalisa sekaligus memberikan solusi atas problematika dan dinamika dalam masyarakat, khususnya dalam tata kelola hubungan masyarakat pada suatu instansi/organisasi/korporasi serta dalam pemberdayaan masyarakat di wilayah perdesaan secara berkelanjutan.
Lulusan Program Magister Penyuluhan Pertanian UNSOED didesain untuk mampu menjawab kebutuhan masyarakat dalam meningkatkan kualitas proses perencanaan, pengorganisasian, dan evaluasi program pemberdayaan masyarakat. Kebutuhan tersebut dipenuhi melalui kapasitas lulusan yang mampu dalam mengelola isu isu strategis di masyarakat, partisipasi masyarakat, hubungan masyarakat serta pengorganisasian masyarakat yang bermuara pada pemberdayaan masyarakat perdesaan berkelanjutan.
Program Magister Penyuluhan Pertanian memiliki 2 (dua) bidang peminatan yaitu (1) Pemberdayaan Masyarakat dan (2) Penyuluhan Pertanian. Kurikulum didesain untuk menyesuaiakan kebutuhan pengguna, perubahan teknologi/perspektif, dan visi perdesaan yang dimiliki UNSOED. Untuk menyelesaikan studi magister, mahasiswa minimal mengambil 42 SKS dan dapat diselesaikan 18 bulan.

Kode Mata Kuliah

Mata Kuliah

SKS

Semester 1

PPS 5001

Filsafat Ilmu

2

MPP 5111

Teori Pemberdayaan Masyarakat dan Penyuluhan Pembangunan

3

MPP 5112

Struktur Sosial & Pengembangan Kelembagaan  Masyarakat

3

MPP 5113

Perencanaan Pemberdayaan Masyarakat

3

Semester 2

MPP 5121

Metodologi Penelitian

3

MPP 5122

Perubahan Sosial dan Manajemen Konflik Masyarakat

3

MPP 5123

Analisis Kebutuhan dan Perencanaan Program Pelatihan

3

Mata Kuliah Pilihan

4

Semester 3

MPP 6111

Manajemen Project  Pembangunan Masyarakat

2

MPP 6112

Monitoring, Evaluasi dan Impact Assesment  Program Pemberdayaan Masyarakat

3

MPP 6113

Seminar Proposal

1

Mata Kuliah Pilihan

4

Semester 4

MPP 6121

Seminar Hasil

2

MPP 6122

Tesis

6