Desain Media Pembelajaran Online untuk Peningkatan Kualitas Akademik

Oleh : Moch.Sugiarto,PhD (Koordinator Program Studi)

Kegiatan akademik semester gasal tahun 2020 di Program Magister Penyuluhan Pertanian Unsoed segera dimulai pada 18 September 2020. Mahasiswa dan dosen bersegera mempersiapkan diri menghadapi perjalanan akademik untuk mewujudkan mimpi dan visi program studi yaitu menghasilkan lulusan magister yang berdaya saing dengan memiliki sikap kritis, kerja keras dan perilaku kepemimpinan yang unggul.

Untuk mewujudkan hal tersebut, Program Studi mengadakan pelatihan secara online dengan topik “desain media belajar online untuk meningkatkan efektifitas transfer of knowledge kepada mahasiswa dan mempekauat atmosfer akademik”. Metode pembelajaran daring/online mendorong para dosen untuk semakin inovatif dalam menyusun model dan media belajar. Pada tanggal 9 September 2020, program studi mengundang Dr.Nurul Hidayat (Pakar Informatika FT Unsoed) untuk memandu dan mengisi pelatihan penyusunan media belajar online.

Pelatihan tersebut juga diikuti dari para penyuluhan, birokrat dinas pertanian se Indonesia, dan para dosen dari universitas lainnya se Indonesia. Pelatihan yang dilakukan telah mampu memberikan inspirasi para peserta untuk menggali lebih dalam program program/software terkait desain media belajar online. Peserta termotivasi untuk berlatih setelah pemaparan konsep dan diskusi dengan narasumber.

Pada akhirnya, pelatihan tersebut akan menjadi bekal para dosen program studi S2 Penyuluhan Pertanian Unsoed dan para peserta lainnya untuk lebih kreatif menghasilkan berbagai bentuk media belajar. Keberhasilan mendesain media belajar akan meningkatkan pelayanan akademik kepada para mahasiswa. Para peserta berharap di masa yang akan datang akan dapat diadakan pelatihan dengan tema tema yang lebih khusus terkait penyusunan media pembelajaran. Terus semangat berkarya, maju terus pantang menyerah.

Knowledge, innovations and changes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *