3 Platform Online Utama pada Pembelajaran di Program Magister Penyuluhan Pertanian

Penyebaran covid 19 yang belum terkendali secara sempurna mendorong pembelajaran online tetap dilaksanakan di Program Studi Magister Penyuluhan Pertanian Unsoed pada Semester Gasal tahun 2020. Proses pembelajaran online diharapkan dapat menjaga keamanan mahasiswa dan lingkungan tanpa mengurangi pencapaian outcome pembelajaran. Pembelajaran online di program studi telah dilaksanakan sejakĀ  April 2020 saat Covid 19 semakin merajalala penyebarannya.

Kegiatan akademik di program studi Magister Penyuluhan Pertanian meliputi kegiatan pembelajaran pada total mahasiswa di Semester Gasal 2020 sebanyak 13 mahasiswa. Selain itu, program studi juga melakukan kegiatan akademik berupa webinar, dosen tamu, dan workshop sehingga akademik atmosfer program studi semakin meningkat. Keterlibatan mahasiswa cukup aktif dalam pelaksanaan webinar sehingga kemampuan manajerial, kemampuan teknis IT, dan kepemimpinan diharapkan semakin meningkat.

Pada evaluasi pembelajaran Semester Genap 2020, dosen cenderung menggunakan 3 kombinasi platform utama yaitu 1. Google Classroom dan Gmeet/Zoom (17,3 persen), 2. Google Classroom dan WA (16,9 persen), dan 3. Google Classroom (15,8 persen).

Variasi platform tersebut diharapkan mampu mendorong semakin efektifnya pembelajaran dan interaksi antara dosen-mahasiswa. Keberadaan platform tersebut selanjutnya akan terus ditingkatkan konten dan ketrampilan penggunaannya sehingga dapat meningkatkan layanan akademik kepada mahasiswa. (MS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *